Terapi Bekam untuk Jerawat Ringan Maupun Membandel

Ada sebuah penyakit yang tidak mematikan tapi membuat penderita biasanya kurang percaya diri saat bergaul dengan orang lain atau tampil di depan umum. Penyakit yang dimaksud yaitu jerawat. Jerawat merupakan penyakit kulit berupa benjolan kecil-kecil yang ada di wajah akibat peradangan atau sumbatan dari pori-pori kulit sehingga minyak tidak keluar. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan terapi bekam untuk jerawat.

Jerawat biasanya akan muncul pada laki-laki maupun perempuan pada usia menjelang remaja sampai dewasa. Jerawat yang muncul penyebabnya berbeda-beda, ada yang karena kelebihan hormon, ada yang muncul karena kosmetik yang dipakai kurang cocok, dan ada juga yang mucul akibat sinusitas –peradangan apada dinding sinus yaitu pada tulang pipi-. Untuk mengatasi agar tidak semakin parah, maka perlu dicari obatnya yaitu dengan terapi bekam untuk jerawat.

Dalam mengobati jerawat melalui bekam, seorang terapis terlebih dahulu akan memeriksa jerawat yang diderita. Hal ini dilakukan karena penanganan antara jerawat yang ringan dengan jerawat yang sudah parah akan berbeda. Untuk jerawat yang ringan atau tidak terlalu parah, maka sayatan atau tusukan jarum yang dilakukan hanya dangkal saja. Sedangkan untuk jerawat yang sudah parah atau membandel, maka tusukan jarum akan dilakukan secara dalam.

Terapi bekam untuk jerawat ini akan dilakukan pada titik-titik khusus yaitu di daerah sekitar wajah atau pipi. Tepatnya berada di sisi kedua mata samping kanan dan kiri, dua titik di sekitar tulang pipi, dan dua titik di samping dagu.  Tititk-titik utama tersebut akan dikeluarkan darahnya melalui terapi bekam oleh terapis sehingga peredaran darah menjadi lancar dan kulit pun akan lebih cerah dan sehat.