Tata Cara Bekam yang Benar

Islam mengajarkan umatnya untuk melakukan terapi bekam sebagai salah satu bentuk upaya untuk bisa sembuh dari penyakit yang di deritanya. Dalam berbagai hadis, Rasulullah juga telah menjelaskan keutamaan mengobati penyakit dengan menerapkan tata cara bekam yang benar pada titik-titik tubuh tertentu. Dengan kata lain, bahwa Allah SWT menurunkan terapi bekam sebagai bantuan penyembuhan terhadap orang yang sedang sakit.

Sebagai metode pengobatan tradisional yang sudah dipraktekkan sejak ribuan tahun silam. Bekam sudah mengalami modifikasi sedemikian hebatnya. Hal ini diprakarasai oleh terapis dan ahli medis dalam bekerjasama, Demi terciptanya teknik pengobatan yang bisa berguna bagi seluruh manusia. Itulah mengapa teknik bekam terlihat fleksibel, karena selalu menyesuaikan dengan zamannya.

Tata cara bekam hendaknya dilakukan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah dan dianjurkan oleh Rasulullah. Yaitu, dengan tetap mempedomani kaidah-kaidah yang baik dan benar, serta tidak menyalahgunakannya. Sebab peranan seorang muslim kepada muslim lainnya adalah untuk saling tolong-menolong dalam berbagai kesulitan.

Tata cara bekam yang baik dan benar, di antaranya mencakup hal-hal di bawah ini:

  1. Memperhatikan kondisi pasien

Sebelum melalukan terapi bekam di tubuh pasien, sudah menjadi kewajiban Anda mendengar keluhan pasien dan bertanya tentang kondisi tubuh pasien. Jangan serta-merta langsung mengiyakan untuk melakukan bekam tanpa memeriksa kondisi pasien terlebih dahulu. Karena bisa jadi ia menderita penyakit, yang membuatnya tidak boleh melakukan bekam. Sebagai terapis, Anda bertanggungjawab atas keselamatan pasien Anda.

  1. Pastikan alat yang Anda gunakan seteril

Periksa kembali alat-alat bekam Anda sebelum digunakan. Jangan sampai kecerobohan Anda membahayakan jiwa pasien Anda.

  1. Kenali titik-titik bekam dengan cermat

Saat Anda belajar ilmu bekam. Pastinya Anda sudah diberi pengetahuan tentang titik mana yang boleh di bekam dan mana yang tidak boleh. Sebagai terapis yang baik, Anda harus berpegang teguh pada aturan tersebut.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat.