Serba-Serbi Menarik Tentang Bekam

Sudah pernah dengar tentang bekam? Bekam adalah salah satu alternatif pengobatan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tepatnya sejak 400 M di Mesir. Sejak saat itu terapi bekam berkembang pesat di Timur Tengah. Metode pengobatan yang terbilang unik membuat bekam semakin dikenal, tidak hanya di Timur Tengah namun hingga ke Asia, termasuk Indonesia.

Jika mengulik sejarah islam, di zaman Rasullah terapi bekam  adalah salah satu cara ampuh untuk pengobatan dan meningkatkan stamina. Terapi bekam juga mengalami banyak perubahan di masa kenabian, Hadist Rasulullah menjelaskan bahwa saat terapi bekam dilakukan, terapis harus menyesuaikan dengan titik tertentu yang ada pada tubuh  pasien, hal ini dikarenakan didalam tubuh seseorang mempunyai letak titik yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Ada beberapa metode bekam yang populer saat ini, antara lain:

  1. Bekam Basah (Damawiyah)

Tekhnik bekam yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu bekam yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW.  Pengobatan ini berlangsung kurang lebih 2-5 menit, pertama-tama permukaan di sedot menggunakan alat bekam yang berbentuk seperti cup, umumnya terbuat dari plastik ataupun kaca, kemudian setelah itu permukaan kulit akan dilukai dengan cara di tusuk jarum, hal ini dilakukan agar lebih banyak darah kotor dan toksid yang tersedot. Kemudian kotoran dibuang di cawan, maksimal sedotan tidak lebih dari 7 kali.

  1. Bekam Kering

Bagi Anda yang tidak ingin berusuan dengan jarum, bekam kering bisa jadi solusi yang tepat. Bekam ini adalah pengembangan dari bekam basah, kegunaan dari bekam ini biasanya untuk mengeluarkan angin pada tubuh, ataupun pelemasan otot. Terapi ini berlangsung kurang lebih 10-20 menit. Permukaan kulit akan disedot dengan cup khusus alat bekam, dilakukan selama kurang lebih 15-20 menit, terapi ini hanya dilakukan satu kali. Kemudian kulit dibalur minyak untuk mengurangi lebam pada kulit.

Menarik bukan? Pengobatan ini bisa jadi solusi bagi anda yang menggemari pengobatan herbal, selain itu pengobatan ini juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, jadi bagi anda yang beragama muslim tidak hanya bisa mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat, namun juga bisa memperolah pahala, jadi tunggu apalagi??