Metode Pengobatan Bekam Rasulullah

Anda pastinya pernah mendengar seseorang yang mengeluh tentang betapa banyaknya dan anehnya penyakit yang ada pada saat ini, dan kenapa hari ini masalah kesehatan mendera nyaris semua orang, tidak seperti pada zaman dahulu? Seiring perkembangan zaman, harus dimaklumi bahwa pertumbuhan penyakit menjadi lebih pesat dikarenakan lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Hari ini kita mengenal banyak sekali jenis pengobatan baik yang tradisional maupun modern, yang dipercaya untuk menyembuhkan penyakit. Di antaranya adalah dengan melakukan operasi, perawatan medis, hingga akupuntur, dan bekam Rasulullah.

Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, diantaranya :

  1. Gaya hidup yang tidak sehat. Perkembangan teknologi menggiring manusia ke tradisi yang serba instan dan mudah. Hal ini menjadikan beberapa orang menjadi lebih malas karena sudah terbiasa hidup enak. Contohnya saja, bermain gadget tentu lebih asik dibandingkan jogging, bukan?
  2. Pola makan yang tidak sehat. Parahnya, gaya hidup tidak sehat tersebut dibarengi dengan pola makan yang tidak sehat seperti, junk food yang mengandung pengawet. Coba bercermin pada orang yang hidup di zaman dulu, apakah mereka mengenal sosis dan kawan-kawannya?
  3. Obat-obatan kimiawi. Mengonsumsi obat-obatan yang mengandung kadar zat kimia tinggi, jika dibiarkan maka lama-kelamaan dapat menimbulkan gangguan pada tubuh.

Hal ini seakan mengingatkan kita, bahwa kondisi zaman saat ini mungkin sebuah ujian dari Allah Swt, dan juga teguran agar manusia kembali pada solusi yang diberikan. Salah satunya adalah dengan metode bekam Rasullulah. Nabi Saw sendiri telah menjelaskan dalam banyak hadis, bahwa bekam adalah solusi terapi pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit, baik yang ringan maupun sudah parah.

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah Saw bersabda :
“Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah Hijamah (bekam).” (HR Ibnu Majah dan Abu Dawud).

Di atas adalah salah satu hadis, yang menyebutkan tentang keutamaan bekam. Manfaat dari pengobatan terapi bekam Rasulullah ini didapatkan dari keluarnya darah kotor yang ada di dalam tubuh, sehingga racun dan penyakit ikut terbuang keluar.