Metode Bekam yang Benar Pada Jenis Sulut Api

Bekam sulut api atau yang lebih dikenal bekam api adalah salah satu jenis bekam dengan metode menggunakan api sebagai media komponen yang paling penting. Pada Jenis bekam ini, api brfungsi menjadi alat tekanan hisap pada gelas bekam. Sebagai media bekam tertua dan terlihat paling ektstrim, tentunya masih banyak orang yang bertanya-tanya “Amankah untuk melakukan bekam api?” Jawabannya tentu saja “YA”, dengan syarat dilakukan oleh terapis profesional.

Metode bekam yang benar untuk jenis bekam api yang pertama kali harus dilakukan, tentu saja adalah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gelas bekam api (cupping glass). Gelas berwarna bening transparan ini akan sangat membantu proses bekam karena perubahan warna kulit akan lebih terlihat, dan yang pasti keamanan Anda sangat terjamin.

Namun pemilihan gelas juga harus sangat diperhatikan. Anda harus ekstra teliti melihat ujung radius gelas tersebut. Jika ujung radiusnya halus, maka kulit pasien tidak akan merasa sakit saat dibekam. Ukuran cupping glass ini juga sangat bermacam-macam, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Metode bekam yang benar pada jenis metode bekam api adalah dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah bekam yang telah diajarkan. Terutama dalam menentukan titik-titik tubuh yang akan di bekam. Sebab berbeda jenis bekam yang digunakan, berbeda pula titik yang dapat di bekam. Itulah mengapa, bekam api harus dilakukan oleh profesional. Karena tak sembarang orang bisa dan diperbolehkan untuk mempraktekannya.

Seperti jenis bekam yang lainnya, bekam api juga memiliki banyak manfaat jika dilakukan sesuai metode bekam yang benar, seperti mengobati masuk angin, menyembuhkan bisul dan jerawat, dan lain sebagainya.  Manfaat ini didapatkan dari aktivitas api dalam memerangkap dan membakar udara yang ada di dalam gelas, sehingga terjadi proses pemvakuman yang membuat kulit terhisap.