Mengulik Tentang Sunnah Bekam, Manfaat dan Keunggulannya

Bagi seorang muslim, menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW menjadi hal penting. Tentu apa yang disunnahkan Rasulullah SAW membawa banyak kebaikan untuk umat manusia. Islam mengajarkan banyak hal, salah satunya kesehatan. Tubuh yang sehat dan bugar akan memberikan banyak manfaat bagi Anda dan lingkungan sekitar. Nah, jika membahas tentang kesehatan menurut Islam, tentu sebagai orang muslim Anda harus bisa memilih dan memilah pengobatan yang baik dan juga halal, dan sunnah bekam adalah salah satu pengobatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan dari Said bin Jubair RA dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas” (HR. Al-Bukhari, dikeluarkan juga oleh Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Bazzar)

Dalam hadist di atas dijelaskan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, untuk memperoleh kesembuhan dari penyakit, dianjurkan bagi kaumnya  untuk mengkonsumsi madu, dan sayatan pisau bekam. Konsep utama dari pengobatan bekam adalah membersihkan tubuh dari toksid(racun) dan membersihkan darah dari darah kotor, serta memperlancar peredaran darah.

Teknologi medis saat ini memang sudah memasuki gerbang  modernisasi,  namun perkembangan jenis penyakit juga tidak kalah cepat beregenerasi. Sebagai seorang Muslim kita patut mengikuti arahan dari Allah SWT, sang pencipta telah memberikan petunjuknya lewat Nabi Muhammad SAW melalui sunnah bekam untuk terapi pengobatan. Sabda Rasulullah SAW: “Tidaklah Allah SWT menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan penyembuhnya.” (HR. Al-Bukhari dan Ibnu Majah).

Jika sudah jelas hadist dan manfaatnya, lalu apa yang perlu Anda ragukan? Terapi bekam bisa jadi alternatif pengobatan, tidak hanya untuk menyembuhkan berbagai penyakit, sunnah bekam juga bisa menjaga stamina tubuh tetap prima.