Mengenal Titik Bekam dan Fungsinya

Bagi seorang terapis bekam, pengetahuan tentang titik bekam dan fungsinya sangatlah penting. Pengetahuan yang memadai tentang titik bekam sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari terapi bekam yang dilakukan. Bayangkan saja, apabila seorang terapis tidak terlalu memahami titik bekam secara detail, maka hasil dari bekam yang dilakukan pasti jauh dari berhasil. Pengetahuan tentang titik bekam ini juga penting untuk Anda ketahui sebagai calon pasien bekam.

Dalam diri manusia, tidak semua anggota tubuh bisa dibekam. Ada bagian-bagian tertentu yang bisa menjadi titik bekam, tapi ada juga yang dilarang untuk dibekam. Membekam pada titik yang tepat akan mempercepat proses penyembuhan penyakit, sebaliknya membekam pada titik yang kurang tepat justru akan menambah sebuah penyakit. Lalu, titik mana saja yang bisa dibekam dan memiliki fungsi untuk penyembuhan penyakit?

Berikut ini ada sedikit pengetahuan tentang titik bekam dan fungsinya yang bisa menjadi bekal dan rujukan saat Anda akan bekam. Di bagian kepala, tepatnya pada bagian tengah ada titik bekam yang bernama ummu mughits. Titik ini berfungsi untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan kepala dan masalah mata. Pada bagian kaki, khususnya tempurung kaki kiri dan kanan ada titik sebagai jalur penyembuhan masalah sakit dada, paha, betis, dan masalah haid.

Pada bagian bahu kanan dan kiri ada titik yang bernama alkatifain. Titik ini berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah tangan dan kepala serta  menyembuhkan keracunan, sebagaimana saat Rasul terkena racun pada perang Khaibar lalu dibekam pada bagian ini. Di bagian pinggul kiri dan kanan ada titik yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke kaki, memperbaiki syaraf ke organ pankreas dan ginjal serta reproduksi. Titik ini dinamakan titik alwarik.

Sedangkan untuk organ tubuh yang berada di bawah mata kaki sebelah dalam, ada titik yang bernama iltiwa’. Titik ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan syaraf di sekitar mata kaki. Ada juga yang bernama titik al akhda’in, letaknya di dua sisi urat leher. Khasiatnya untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan masalah kepala, mata, dan wajah. Titik bekam dan fungsinya sebagaimana sudah dijelaskan di atas semoga bisa menjadi bekal saat Anda akan dibekam.