Mengenal Macam-macam Bekam dan Jenisnya

Di era teknologi seperti sekarang ini, banyak hal-hal lama yang telah termodifikasi dengan memadukan pengetahuan ilmiah dengan hal-hal tradisional sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih kompleks dan sempurna. Salah satunya adalah terapi bekam. Jika zaman dahulu, hanya ada bekam basah, maka hari ini macam-macam bekam dan jenisnya menjadi options yang dapat dipilih oleh si pasien.

Bekam Kering

Untuk Anda yang memiliki pobia terhadap darah dan takut dengan hal-hal berbau benda tajam, maka jenis pengobatan bekam kering dapat Anda pilih. Pada bekam kering, hanya akan dilakukan pemvakuman pada kulit. Bekam kering memiliki manfaat untuk membuang angin dari dalam tubuh, melemaskan otot  serta saraf dan membantu mengatasi penyakit tanpa harus melukai kulit.

Bekam Basah / Bekam Darah

Untuk Anda yang memiliki kondisi tubuh fit dan tidak mengalami trauma terhadap darah. Maka bisa melakukan bekam basah. Ini adalah salah satu metode dari berbagai jenis macam-macam bekam yang paling banyak dipilih. Dengan melakukan bekam basah, maka kulit akan dilukai menggunakan pisau bedah atau jarum tajam sebagai media untuk mengeluarkan darah statis dari dalam tubuh. Khasiat bekam basah untuk mengobati penyakit sudah dipercaya sejak ribuan tahun yang lalu.

Bekam Seluncur / Meluncur

Metode bekam jenis ini adalah salah satu bagian dari bekam kering. Umumnya bekam luncur dilakukan di punggung. Fungsi bekam luncur ini adalah untuk melemaskan kulit dan jaringan otot syaraf yang ada di bawah permukaan kulit. Dengan melakukan bekam luncur juga bisa mempermudah menemukan titik-titik tubuh yang terdapat darah statis. Jadi jika Anda ingin melakukan bekam basah, maka direkomendasikan untuk melakukan bekam luncur terlebih dahulu.

Bekam Api

Bekam jenis ini merupakan salah satu teknik bekam tertua yang digunakan. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan api di bagian dalam gelas bekam dan kemudian ditempelkan ke permukaan kulit. Perubahan udara panas yang akan menyusut saat ditempelkan ke kulit berfungsi sebagai penarik.

Bekam Tutup Minyak

Bekam jenis tutup minyak hanya dilakukan khusus pada area kulit yang memiliki banyak rambut, seperti kepala dan kaki. Bekam jenis ini adalah yang teringan dari jenis macam-macam bekam yang lainnya.

Bekam Tarik

Bekam tarik umumnya dilakukan dengan cara menempelkan alat penyedot, seperti gelas kaca ke dahi atau bagian tubuh lain yang terasa pegal. Manfaat bekam tarik bagi tubuh adalah menghilangkan nyeri, rasa penat, dan pegal yang mendera tubuh.