Mengenal Lebih Jauh Apa itu Terapi Bekam

Pada zaman modern seperti sekarang ini masyarakat mulai sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Kesehatan memang sangat penting agar kehidupan kita tidak terhambat. Macam-macam cara hidup sehat dilakukan demi terhindar dari penyakit. Gaya hidup sehat yang Islami dapat dilakukan dengan melakukan terapi bekam. Anda masih belum tahu apa itu terapi bekam? Terapi bekam adalah pengobatan dengan cara mengeluarkan darah dan sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW.

Terapi bekam sangat dianjurkan dalam Islam dan dilakukan oleh Rasulullah SAW. Bagi Anda yang masih awam dengan bekam dan bertanya apa itu terapi bekam, hadits berikut ini semoga bisa  memperjelas pemahaman Anda dan semakin memberikan pencerahan. Rasulullah pernah bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas” (HR. Al-Bukhari).

Bekam atau dalam bahasa Arab disebutal al-hijmah adalah pengobatan alternatif dengan cara mengeluarkan darah statis yang berisi toksin (racun) di dalam tubuh manusia. Proses mengeluarkan daran ini dilakukan dengan pemasangan mangkuk pada tubuh. Mangkuk dapat berupa mangkuk kaca, bambu, silikon, dan tembikar atau tanah liat. Mangkuk yang dipasang pada tubuh akan menciptakan hisapan yang membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar.

Sebelum Anda memulai terapi bekam sangat dianjurkan untuk mengetahui apa itu terapi bekam dan bagaimana prosesnya secara lengkap. Pada dasarnya bekam adalah pengobatan Islami yang dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti waktu yang tepat untuk terapi bekam, orang-orang yang tidak boleh dibekam, serta manfaat dan efek samping yang ditimbulkan dari terapi bekam.