Mendapatkan Khasiat Bekam bagi Tubuh

Terapi tradisional al-Hijamah atau bekam merupakan terapi yang sudah ada sejak zaman dahulu. Terapi ini sudah dilakukan oleh manusia di muka bumi ini bahkan jauh sebelum tahun masehi. Bekam juga digunakan oleh Nabi Muhammad saw. sebagai pengobatan serta dianjurkan olehnya. Namun demikian, masih ada orang yang meragukan khasiat bekam bagi tubuh. Masih ada orang yang tidak percaya manfaat yang didapatkan dari bekam.

Sudah ada berbagai macam penelitian dan bukti baik secara medis maupun non-medis mengenai khasiat bekam ini. Diantaranya pernah dilakukan penelitian terhadap beberapa orang gemuk dan dilakukan bekam secara rutin. Hasilnya bekam dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kadar kolesterol pada tubuh. Ini membuktikan bahwa bekam sangat berguna untuk menjaga kesehatan.

Bekam sendiri ada dua jenis yaitu bekam basah dan bekam kering. Bekam basah dilakukan dengan proses menusukan jarum ke kulit sehingga mengeluarkan darah kotor untuk dihisap. Sedangkan untuk bekam kering hanya disedot kulitnya dengan mangkuk tanpa mengeluarkan darah. Khasiat bekam bagi tubuh sebenarnya dapat dirasakan dari kedua jenis bekam tersebut namun memiliki tingkatan yang berbeda.

Bekam kering berkhasiat untuk menyembuhkan masuk angin, perut kembung,  dan penyakit ringan lainnya. Sedangkan untuk mengobati penyakit yang lebih berat bisa menggunakan bekam basah. Jika Anda ingin mencoba bekam dan tidak ada keluhan penyakit yang berat maka sangat cocok untuk mencoba bekam kering yang tidak mengeluarkan darah. Kelebihan lainnya dari bekam kering adalah proses pengerjaan yang relatif lebih cepat dan biaya yang lebih murah.

Untuk mendapatkan khasiat bekam bagi tubuh secara maksimal dapat dilakukan dengan bekam basah yang dikombinasi dengan bekam kering. Kesembuhan bisa didaptkan dengan melakukan bekam secara rutin. Lama khasiat bekam bisa dirasakan tergantung penyakit pasien. Pemilihan waktu bekam juga bisa menjadi faktor yang mempercepat khasiat bekam.