Manfaat Bekam Punggung Untuk Kesehatan

Dalam terapi bekam, punggung merupakan salah satu titik vital yang selalu diikutsertakan untuk di bekam, tidak peduli jenis bekam apapun yang dilakukan. Menurut hadis nabi dan penelitian ilmiah, punggung merupakan “comfort zone” untuk di bekam. Hal ini dikarenakan tekstur punggung yang lebih lebar di bandingkan bagian tubuh lainnya, dan juga merupakan titik sensitif bermukimnya darah kotor.

Hadis menyebutkan, bahwa melakukan bekam punggung adalah sunnah. Hal ini mengacu pada, banyaknya manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan bekam pada titik area punggung. Diantaranya adalah, dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh. Namun perlu dicatat, bahwa area tulang punggung sangat dilarang untuk di bekam.

Titik-titik di area punggung berada di punggung bagian kanan dan kiri. Manfaat melakukan bekam punggung di titik tersebut dipercaya dapat mengobati penyakit asma, paru-paru, bronkitis, dan juga titik pengobatan penyakit liver yang terletak di tengah-tengah punggung badan.

Melakukan bekam di area punggung memang sangat dianjurkan. Karena dapat memperlancar aliran peredaran di dalam tubuh, meningkatkan zat antibody, menghilangkan capek, melenturkan otot yang kaku, dan lain sebagainya.

Sebagai area yang sangat strategis untuk di bekam, punggung juga memiliki kekebalan yang lebih tinggi dibandingkan area tubuh lainnya. Umumnya para pasien bekam darah akan dibekam pada punggungnya untuk meminimalisir rasa sakit.

Bekam punggung dapat dilakukan oleh siapa saja, selama orang tersebut mampu, dalam arti memiliki stamina yang memadai dan dalam kondisi fit. Sebab ada beberapa orang yang mendapat pengecualian atau tidak boleh melakukan bekam, dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan. Hal dapat Anda tanyakan kepada terapis Anda sebelum memutuskan untuk melakukan bekam.