Khasiat Hijamah Bekam Untuk Mengobati Hipertensi

Hijamah berasal dari Bahasa Arab yang artinya adalah bekam. Sudah bukan rahasia lagi bahwa bekam memiliki banyak manfaat bagi manusia. Rasulullah sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan bekam. Diantara berbagai macam khasiat Hijamah bekam, salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit hipertensi.

Hipertensi atau yang lebih dikenal sebagai darah tinggi merupakan sebuah kondisi kronis yang diakibatkan oleh meningkatnya tekanan darah pada dinding pembuluh arteri. Jika tidak ditangani secara tepat dan tepat, maka hipertensi dapat berpotensi menimbulkan komplikasi sehingga penderita beresiko terkena penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, aneurisme, dan juga sindrom metabolik yang dapat membayakan nyawa.

Pengobatan yang dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi hipertensi biasanya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Tentunya tidak ada yang salah dengan mengonsumsi obat, namun nyatanya obat juga tak dapat menjadi penjamin kesembuhan. Bukankah Alan lebih baik jika dibarengi dengan terapi yang aman dan tidak tidak memiliki efek samping seperti Hijamah bekam.

Dari Anas r.a, ia bercerita : Rasulullah Saw bersabda :

“Jika terjadi panas memuncak, maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang diantara kalian yang akan membunuhnya.” (HR Al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak).

Memahami hadis di atas, Rasulullah Saw bahkan telah mewanti-wanti kita akan penyakit hipertensi ini sejak ribuan tahun yang lalu. Dan beliau menganjurkan untuk melakukan bekam untuk mencegah hipertensi. Tapi selain mencegah, bekam juga dapat mengobati penyakit hipertensi yang sudah akut.

Titik Hijamah bekam untuk penyakit hipertensi terletak pada Ummu Mughits, yaitu area puncak kepala (ubun-ubun). Dengan melakukan bekam basah pada area ini, maka penyakit hipertensi yang Anda derita Insya Allah akan sembuh.