Khasiat Bekam Kering untuk Menjaga Kesehatan

Bekam ada dua jenis, yaitu bekam kering dan bekam basah. Bekam basah ditandai dengan ditusuknya kulit menggunakan jarum untuk dikeluarkan darahnya. Sedangkan pada bekam kering kulit hanya ditarik menggunakan kop gelas bekam tanpa menusuk kulit dengan jarum dan mengeluarkan darahnya. Masing-masing dari cara bekam tersebut memiliki khasiat yang berbeda. Khasiat bekam kering bisa dirasakan oleh orang yang tidak menginginkan darahnya keluar.

Bekam kering memang tidak disertai dengan adanya darah kotor yang keluar dari dalam tubuh. Namun demikian, bekam kering tetap memiliki kegunaan atau khasiat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan maupun mengobati penyakit. Khasiat bekam kering diantaranya untuk mengurangi rasa masuk angin yang dialami oleh tubuh, mengobati perut kembung, menjadikan tubuh atau anggota badan terasa ringan, dan semakin menyehatkan fisik sehingga bisa digunakan sesuai fungsinya.

Bagi Anda yang tidak menghendaki darahnya keluar dari dalam tubuh melalui tusukan jarum bekam, maka Anda bisa mencoba terapi bekam kering ini. Apabila Anda bisa merasakan manfaatnya, maka bisa diteruskan untuk pengobatan-pengobatan berikutnya. Akan tetapi, apabila khasiatnya belum bisa Anda rasakan, maka bisa menggunakan metode bekam lainnya yaitu bekam basah. Keunggulan bekam kering sebetulnya tidak perlu menggunkan peralatan yang banyak dan biaya lebih murah.

Selain hal-hal di atas, waktu yang diperlukan dalam bekam kering juga tidak sebanyak saat seorang  terapis membekam pasien dengan cara bekam basah. Pada intinya, apabila Anda hanya ingin menjaga kesehatan dan mengobati penyakit-penyakit ringan yang tidak perlu mengeluarkan darah pada titik-titik tertentu maka Anda bisa menggunakan bekam kering. khasiat bekam kering bisa Anda rasakan seketika itu maupun beberapa waktu setelah dibekam.  Semua tergantung pasien dan penyakitnya.