Keutamaan Pengobatan Alternatif Bekam Menurut Islam

“Berpalingnya manusia dari cara pengobatan nubuwwah seperti halnya berpalingnya mereka dari pengobatan dengan Al-Qur’an, yang merupakan obat bermanfaat.”

(Ibnul Qayyim)

Dalam ajaran Islam sendiri, kita telah diperintahkan untuk menjadikan pengobatan alternatif bekam, sebagai salah satu bentuk usaha kita melawan penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini tentunya mengacu pada sabda Rasulullah;

“Tidaklah Allah Swt menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan penyembuhnya.” (HR Bukhari dan Ibnu Majah)

Kembali lagi kepada pada keutamaan metode pengobatan alternatif bekam untuk kesehatan adalah, dikarenakan dalam proses bekam sendiri penyakit dikeluarkan dalam bentuk darah statis melalui titik-titik bekam yang ada pada tubuh. Titik bekam umumnya diambil berdasarkan penyakit yang di derita. Dalam hal ini, kita mengacu pada bekam basah, yang merupakan satu-satunya jenis bekam dimana darah dikeluarkan. Meskipun bekam jenis lain pun tak kurang manfaatnya bagi kesehatan.

Bekam juga lebih aman dibandingkan mengonsumsi obat-obatan. Seperti yang kita ketahui, bahwa di zaman modern seperti sekarang ini, banyak obat-obatan yang mengandung unsur kimiawi. Yang malah beresiko menimbulkan gangguan pada kesehatan. Belum lagi efek samping dan harganya yang selangit. Tentunya hal ini akan sangat memberatkan pasien.

Kesehatan harganya lebih mahal dibandingkan apapun. Namun kadang manusia lupa untuk mencegah timbulnya masalah pada kesehatan, hal ini  biasanya  baru dikeluhkan setelah timbul penyakit. Faktanya, bisa dilakukan pencegahan dengan berbagai cara seperti melakukan pengobatan alternatif bekam secara teratur.

Melakukan bekam secara rutin dapat menghindarkan tubuh dari terjangkit penyakit. Karena toksin sudah dikeluarkan terlebih dahulu sebelum sempat menumpuk dan menimbulkan gangguan pada organ tubuh. Hal inilah yang membuat Islam menganjurkan terapi bekam kepada umatnya untuk dilakukan secara teratur.