Kebaikan Berbekam Dalam Islam Yang Dianjurkan Nabi

Selain berfungsi untuk mengobati penyakit, terapi bekam juga berfungsi untuk mengembalikan stamina tubuh dan menjaga kesehatan tubuh. Kebaikan berbekam dalam Islam diperuntukkan kepada kaum lelaki maupun perempuan. Sebagai metode pengobatan tradisional yang sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah Saw, perkembangan terapi bekam mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dan khasiatnya dapat dirasakan oleh seluruh umat.

Dalam beberapa hadis, Rasulullah Saw juga pernah menganjurkan untuk melakukan bekam sebagai media pengobatan bagi umat Islam. Dan beliau sendiri pun pernah melakukan bekam beberapa kali. Tentunya Hal ini bukan tanpa alasan. Melakukan bekam tidak memiliki efek samping seperti mengonsumsi ramuan tertentu yang bahkan bisa membahayakan.

Kebaikan berbekam dalam Islam telah disampaikan Rasulullah pada beberapa kesempatan. Beberapa hadis yang memaparkan tentang hal ini, antara lain :

Diriwayatkan oleh Shahih Muslim 1577, menyebutkan:

“Dari Anas bin Malik r.a (ditanya) mengenai Hijamah (bekam), beliau berkata : bahwa sesungguhnya Rasulullah berbekam dan memerintahkan keluarga beliau dan Rasulullah bersabda : Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah.

Dalam kitab Mukhtashar Muslim No. 1480, disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan”

Disebutkan dalam Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-Idil Bazar, karya al-Haitsami, III/388 :

“Dari Ibnu Umar r.a, Rasullulah Saw bersabda : “Jika ada suatu kesembuhan pada obat-obat kalian, maka hal itu ada pada sayatan alat bekam”

Diriwayatkan oleh Shahih Sunan Ibnu Majah, Syaikh al-Albani (II/259):

“Dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah Saw bersabda : Tidaklah aku berjalan melewati segolongan malaikat pada malam aku diisra’kan, melainkan mereka semua mengatakan kepadaku: ‘Wahai Muhammad, engkau harus berbekam’.”

Hadis di atas dengan jelas menyatakan bahwa Rasulullah Saw sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan terapi bekam. Kebaikan berbekam dalam Islam salah satunya dikarenakan, bekam dapat menyembuhkan penyakit dan mencegah timbulnya penyakit pada tubuh.