Informasi Biaya Terapi Bekam

Sebagai salah satu jenis metode pengobatan tradisional yang cukup populer di Indonesia, peminat bekam pun semakin banyak saja dari hari ke hari. Bagi yang baru ingin melakukan bekam untuk pertama kali dan sedang mencari referensi tempat bekam terpercaya, atau mencari informasi berapa biaya terapi bekam yang harus dikeluarkan, maka rincian yang akan diulas di bawah ini bisa dijadikan sebagai patokan bagi Anda.

Jenis metode pengobatan dengan teknik bekam ada banyak macamnya, hal ini tentu saja menjadi salah satu faktor lebih besar atau kecilnya uang yang akan Anda keluarkan nantinya. Hal ini tentunya berbeda-beda pada setiap tempat. Sebab ada beberapa terapis yang hanya mau dibayar uang sewa alatnya saja, sedangkan terapi bekam diberikan secara gratis.

Namun, sebagian klinkik dan terapis umumnya mematok harga dengan berdasarkan titik bekam, artinya harga dihitung dari berapa titik tubuh yang akan dibekam. Biaya terapi bekam juga menyesuaikan dengan jenis bekam yang ingin dilakukan oleh si pasien. Secara umum tarif yang dikenakan untuk bekam adalah berkisar Rp 100,000 saja.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan:

Bahwasanya Rasulullah Saw pernah berbakam di kedua urat merih dan daerah di antara dua pundaknya. Lalu beliau memberikan upah kepada pembekam.” (Shahih – lihat Mukhtashar Asy-Syamaail Al-Muhammadiyah, hal 188 no. 310).

Biaya terapi bekam dapat dikatakan sangat murah, jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan secara berkala, atau melakukan perawatan medis, yang seperti ketahui bahwa harganya sangat mahal. Selain itu, bekam tidak menimbulkan efek samping bagi orang yang dibekam. Hal inilah yang membuat banyak orang beralih kepada metode bekam untuk mengatasi berbagai penyakit yang diderita.