Efek Setelah Bekam yang Biasa Terjadi

Bekam adalah pengobatan yang diperbolehkan dan dianjurkan dalam Islam, namun nyatanya masih banyak orang yang belum mencoba atau bahkan belum mengerti sepenuhnya mengenai bekam. Masih sangat banyak orang yang tidak mengetahui seperti apa proses bekam apalagi mengetahui efek setelah bekam. Bagi orang yang belum pernah mencoba bekam dan ingin mencobanya sangatlah penting utuk terlebih dahulu mengetahui apa efek setelah melakukan bekam.

Efek yang terjadi setelah melakukan bekam ada dua macam yaitu berupa manfaat dan “efek samping”. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa bekam adalah pengobatan alternatif yang dianjurkan oleh Islam dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan mengobati dari macam-macam penyakit. Bekam mampu melancarkan peredaran darah dan membuang darah kotor dari dalam tubuh sehingga tubuh bisa tetap sehat dan sembuh dari berbagai macam penyakit.

Selain manfaat baik yang kita dapat setelah bekam adapula “efek samping” yang mungkin didapatkan.  Efek setelah bekam  yang satu ini yang kadang membuat orang berfikir dua kali untuk melakukan bekam. Diantara efek samping yang paling jelas nampak adalah efek membekas pada kulit yang divakum dengan mangkuk ketika bekam. Selain efek tersebut, ada pula efek lain yang akan dirasakan yaitu sedikit nyeri. Namun, pada dasarnya tidak ada efek yang berbahaya dari bekam.

Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan melakukan bekam. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan bekam sehingga bekam juga sangat cocok untuk menjaga kesehatan. Pernah dilakukan sebuah penelitian kepada 60 orang gemuk dan dilakukan bekam secara rutin. Hasilnya kolestrol berkurang dan tekan darah mereka menurun. Jadi, sangat terpercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebelum melakukan sesuatu memang kita harus berhati-hati dan mempertimbangkan apa yang akan terjadi setelahnya. Maka sangat penting bagi orang yang ingin melakukan bekam terlebih dahulu mengetahui efek setelah bekam. Sebagaimana sudah ada pada penjelasan di atas, bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan dari terapi bekam dan hanya sedikit efek negatif yang didapat dan jelas-jelas tidak berbahaya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan bekam.