Definisi Bekam Sebagai Metode Pengobatan Terpercaya

Definisi bekam atau Al Hijamah dalam Bahasa Arab, merupakan terapi pengobatan yang dilakukan dengan metode mengeluarkan darah kotor yang mengandung racun dari dalam tubuh. Terapi ini menggunakan cara pemvakuman pada titik-titik tertentu di permukaan kulit kemudian membuat luka untuk mengeluarkan darah. Tujuan dilakukan bekam ini mengacu pada pengobatan panyakit si pasien dan juga mengembalikan kebugaran tubuh.

Bekam sendiri sudah ada dan dilakukan sejak zaman dahulu kala. Yaitu, sejak masa Kerajaan Sumeria, dan terus berkembang secara pesat hingga ke Babilonia, dan Mesir Kuno. Alat yang digunakan pun menyesuaikan dengan zamannya, jika dahulu menggunakan alat yang sederhana karena kondisi yang terbatas, maka saat ini menggunakan alat yang lebih modern, praktis, dan lebih seteril.

Pada zaman China kuno, definisi bekam mengacu pada metode pengobatan dengan tanduk. Karena tanduk dipakai sebagai media utama untuk melakukan bekam. Memasuki abad ke -18, terapis dari Eropa menggunakan lintah sebagai alat untuk melakukan bekam. Pada saat itu, jutaan lintah diimpor ke Perancis untuk digunakan sebagai alat bekam.

Perkembangan bekam yang sangat pesat, memang menciptakan variasi alat bekam menyesuaikan dengan negara dan zamannya. Bekam juga mengalami zaman keemasan  di masa Hippocrates, namun definisi bekam pada saat ini lebih merujuk pada pembuangan darah secara langsung dari pembuluh darah. Hal ini membuat darah yang keluar lebih banyak sehingga pasien bekam acapkali mengalami pingsan. Di masa ini, orang-orang Romawi, Yunani, Dan Byzantium pun telah mempraktekan terapi bekam untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Anda yang hidup di zaman ini, tentunya harus merasa beruntung. Sebab metode terapi bekam telah dimodifikasi dan pantangan serta aturan untuk melakukan bekam juga sudah ditemukan. Jadi rasa sakit akibat terapi bekam sudah bisa dinetralisir dan disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Selain itu, keamanan Anda juga sangat terjamin karena alat yang digunakan saat ini lebih seteril.