Bekam dan Manfaatnya bagi Kesehatan Organ Tubuh Manusia

Manusia akan hidup sehat manakala kotoran atau racun-racun yang ada di dalam tubuh tidak ada atau tidak sampai menumpuk. Untuk mengurangi kotoran-kotoran yang menumpuk di dalam tubuh manusia, bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu bekam. Bekam bisa dijadikan sebagai terapi andalan untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Bekam dan manfaatnya yang terbukti memberikan sumbangan kesehatan bagi kehidupan manusia patut untuk dilestarikan.

Apabila Anda bertanya-tanya tentang bekam dan manfaatnya, maka bisa dijelaskan bahwa bekam adalah terapi dengan jalan mengeluarkan darah kotor menggunakan kop dan tusuk jarum. Manfaatnya sangat banyak yaitu untuk menjaga kesehatan, menajamkan pandangan mata, mencerdaskan pikiran,  dan mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan menurut Rasulullah ada 72 macam penyakit yang bisa diobatinya. Oleh karena itu, bekam tidak boleh dipandang sebelah mata.

Selain manfaat yang banyak dari terapi bekam, terapi ini juga banyak digunakan oleh Rasulullah selama beliau hidup. Dengan demikian, maka umat Islam mempunyai panutan dan tidak bergerak asal-asalan dalam menjaga kesehatan.

Ada panduan dan contoh yang jelas dari seorang manusia pilihan dan banyak mengerti tentang cara menjaga tubuh. Rasulullah adalah manusia ideal yang harus selalu dicontoh dalam kehidupan ini termasuk dalam hal menjaga kesehatan.

Meskipun saat ini sudah berkembang ilmu kedokteran dan medis secara modern, bukan berarti bekam dan manfaatnya akan hilang atau tidak berlaku lagi. Justru dengan zaman yang semakin modern, maka peralatan yang digunakan untuk bekam juga bisa  semakin baik dan memberikan hasil yang optimal. Bekam tetap bisa dilestarikan karena terapi ini lain daripada yang lain. Dengan terapi ini, maka kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh akan keluar melalui aliran darah.