Beberapa Manfaat dan Efek Samping Bekam yang Perlu Diketahui

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga sehingga perlu dijaga agar kehidupan sehari-hari menjadi tidak terganggu. Berbagai hal bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak sakit,  yang sesuai dengan anjuran Islam diantaranya yaitu dengan melakukan terapi bekam. Tidak hanya untuk megobati penyakit, bekam juga berguna untuk menjaga kesehatan. Namun demikian, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat dan efek samping bekam sebelum melakukan terapi.

Bekam adalah proses pemvakuman kulit dengan kop yang kemudian kulit tersebut ditusuk dengan jarum untuk diambil darahnya. Proses pemvakuman dan penghisapan darah keluar dari tubuh mungkin terlihat menyakitkan dan menakutkan, bahkan membuat sebagian orang takut untuk mencoba terapi bekam. Namun nyatanya terapi bekam mampu membuat peredaran darah lebih lancar dan membuat tubuh lebih sehat.

Pengeluaran darah dengan kop tentu akan meninggalkan bekas pada kulit. Hal ini seringkali membuat orang-orang berpikir dua kali untuk melakukan terapi bekam. Sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui manfaat dan efek samping bekam. Meskipun sakit saat dihisap darahnya dan meninggalkan bekas pada kulit setelah dibekam, namun bekam mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat bahkan dapat menyembuhkan penyakit.

Dengan dihisapnya darah yang mengandung toksin maka peredaran darah akan semakin lancar dan tubuh akan menjadi lebih segar. Manfaat lain dari bekam adalah menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit rematik, penyakit kulit, kesuburan, penyakit yang berhubungan dengan darah, dan berbagai macam penyakit lainnya. Kemudian disamping ada manfaat ada pula efek samping dan diantaranya yang paling terlihat adalah bekas pada kulit yang dibekam.

Bekam juga memungkinkan untuk terjadi penularan penyakit. Hal ini bisa terjadi jika kop yang digunakan tidak bersih. Kop yang digunakan untuk bekam tentu tidak hanya digunakan oleh satu orang, sehingga kemungkinan menularnya penyakit bisa terjadi. Itulah beberapa manfaat dan efek samping bekam yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum melakukan bekam.