Bagaimana Pengobatan Bekam Menurut Kedokteran?

Pengobatan dengan terapi bekam memang sudah cukup terkenal di seluruh penjuru dunia, meskipun istilahnya berbeda-beda, namun mengacu pada pengertian yang sama. Sebagai salah satu metode pengobatan kuno yang masih eksis dan bahkan semakin populer, tentunya semakin banyak pula orang ingin mencoba keampuhan bekam. Terutama para penderita penyakit tertentu, yang sudah merasa pasrah dengan sakit yang tak kunjung sembuh.

Namun masih banyak yang meragukan tentang terapi bekam ini, sebab bekam adalah jenis pengobatan tradisional. Lalu, bagaimana pengobatan bekam menurut kedokteran?

Jika dikaji secara lebih mendalam, sebenarnya sudah banyak penelitian ilmiah yang dilakukan untuk menguji teknik bekam, apakah aman atau tidak bagi tubuh dan atau manfaatnya bagi tubuh. Bahkan kita dapat menemukan jurnal kedokteran tentang bekam yang sudah di upload ke internet. Hal ini menjadi salah satu bukti betapa bekam menarik fokus para peneliti ilmiah untuk mempelajarinya lebih dalam.

Sejak awal abad ke-18 silam, praktek pengobatan bekam menurut kedokteran mengalami perkembangan yang sangat pesat di daratan Amerika dan Eropa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya para peneliti yang menerbitkan jurnal tentang manfaat melakukan terapi bekam secara ilmiah. Bahkan para ilmuwan non muslim pun sangat tertarik dengan terapi tradisional ini.

Salah seorang ahli bedah terbaik di Eropa yang ikut mengembangkan dan memodifikasi teknik bekam adalah Ambroise Pare (1590). Beliau dikenal sebagai bapaknya ahli bedah di masa itu, dan juga sebagai pakar bekam terbaik.

Selain itu ada Sir Arthur Keith (1866-1955). Ia merupakan seorang ahli bedah dan anatomi tubuh asal Skotlandia, yang juga menjadi pakar bekam. Ia bahkan mengatakan jika terdapat faktor keberhasilan sembuh yang mengagumkan dengan menggunakan bekam.

Seiring perkembangan zaman, bekam juga telah dimodifikasi untuk menyempurnakan teknik sebelumnya. Melalui perkawinan antara metode tradisional dengan pengobatan bekam menurut kedokteran modern, hari ini kita dapat menikmati terapi bekam yang lebih baik. Mulai dari peralatan bekam yang sudah modern hingga teknik bekam yang aman untuk dilakukan.