Apa Sih Pengobatan Bekam Menurut Islam?

Tidak hanya sehat namun bisa mendapat pahala, siapa sih yang tidak mau? Bekam adalah salah satu pengobatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jika membahas tentang bekam memang tak terlepas dari pro dan kontra, tetapi dibalik itu semua bekam rupanya menyimpan banyak manfaat tidak hanya secara medis namun juga non-medis.

Menurut beberapa hadis Nabi, salah satunya yang diriwayatkan dari Said bin Jubair RA dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW yang bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, katakanlah pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku batas umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas” HR Al-Bukhari, dikeluarkan juga oleh Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Bazzar). Pengobatan bekam menurut Islam┬ámampu menyembuhkan banyak penyakit, mulai dari nyeri otot hingga keracunan, bahkan bekam digadang-gadang sebagai cara terapi paling efektif.

Dari Jabir RA, bahwa ada seorang wanita Yahudi dari penduduk Khaibar memasukkan racun ke dalam daging domba yang dipanggang, lalu menghadiahkannya kepada Rasulullah SAW. Beliau mengambil bagian kaki dan memakan sebagian darinya. Beberapa orang sahabat yang bersamanya juga ikut memakannya. Sebagian sahabat yang terlanjur memakannya ada yang meninggal. Lalu Rasulullah SAW melakukan pengobatan dengan hijamah di bagian pundaknya karena daging yang terlanjur beliau makan. Yang mengobatinya adalah Abu Hindun, dengan menggunakan tulang tanduk dan mata pisau.

Zaman dahulu pengobatan bekam memang masih menggunakan alat yang diperoleh dari alam, salah satunya tulung tanduk, namun saat ini pengobatan bekam sudah berkembang pesat, mampu memberikan manfaat yang sama dengan cara yang lebih modern dan bisa meminimalisir dampak dari bekam seperti lebam ataupun luka.

Saat ini era sudah banyak berubah, budaya konsumerisme menggiring banyak manusia lebih suka dengan makanan praktis, instan dan penuh variasi namun mengesampingkan komposisi yang baik, Sehingga tak heran jika banyak penderita penyakit keras yang masih berusia muda, untuk menanggulangi hal itu terapi bekam bisa jadi pilihan, selain minim resiko, pengobatan bekam menurut Islam juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.