6 Gerakan Pijat untuk Bayi dengan Cara yang Mudah

Pijat untuk bayi sangatlah penting dilakukan oleh seorang ibu. Manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan si bayi, terutama untuk melancarkan sistem peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga dapat mempererat hubungan antara sang ibu dengan bayinya.

Nah, bagi ibu yang ingin mencoba, berikut ini ada 6 gerakan pijat untuk bayi yang mudah dilakukan:

Pijat kaki
Pegang pangkal paha dengan tangan, peras dan putar kaki bayi dengan lembut dari pangkal paha ke arah mata kaki secara bersamaan, urut telapak kaki dengan dua ibu jari secara bergantian, dan pijat jari kaki satu-persatu dengan memutar menjauhi telapak.

Perut bayi
Pijat perut bayi dari atas ke bawah, serta pijat perut mulai bagian kiri atas ke bawah dengan jari-jari tangan membentuk huruf ā€œIā€ dan ā€œLā€ terbalik.

Pijat dada
Lakukan gerakan ke atas sampai bawah leher, ke samping kiri-kanan di atas tulang selangka dan kembali ke ulu hati, serta gerakan diagonal di dada dari kiri ke kanan.

Pijat lengan bayi
Peras dan putar dengan kedua tangan secara lembut mulai dari pundak ke pergelangan tangan, pijat telapak tangan dengan ibu jari, usap punggung tangan dari arah pergelangan ke jari-jari, serta peras sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.

Pijat muka
Letakkan ibu jari di antara alis mata si bayi, pijat dengan ibu jari secara lembut pada alis dan di atas kelopak mata, serta pijat dari pertengahan alis ke bawah melalui samping lipatan hidung.

Pijat punggung
Pijat punggung dengan gerakan maju mundur sepanjang punggung mulai dari pantat hingga leher, dan buat gerakan melingkar dengan jari-jari mulai batas punggung sampai dengan pantat.

Jika Anda masih belum bisa melakukan pijat untuk bayi ini sendiri, silahkan gunakan jasa pijat panggilan, seperti layanan dari Pijat Panggilan Bandung Syariah untuk Bandung dan sekitarnya.